Maret 2, 2024

News Lapas Tahuna

Informasi Lapas Tahuna

Peresmian Ruangan Kegiatan Belajar Mengajar Berantas Buta Huruf Dan Kejar Paket A, B dan C WBP Lapas Tahuna

2 min read

Tahuna, INFO_PAS – Rabu, (30/03/2022) Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tahuna Kanwil Kemenkumham Sulut menggelar acara peresmian Ruangan Kegiatan Belajar Mengajar Berantas Buta Huruf dan Kejar Paket A, B, dan C Warga Binaan Pemasyarakatan.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Sangihe yang diwakili oleh Kepala Bidang Paud dan PNF, Ellen Megawe, Kepala Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Tahuna, Feni Megawe dan Ketua Pusat Kegiatan Belajar Mengajar Masyarakat (PKBM) Pioner Kabupaten Kepulauan Sangihe, Elvie Roos Zakarias.

Dalam sambutannya, Kalapas Tahuna, Suharno megucapkan terima kasih atas kehadiran baik stakeholder maupun petugas dan warga binaan Lapas Tahuna dalam acara peresmian ini.

“Acara ini bukan hanya sekedar seremonial namun sebagai komitmen nyata dimulai dari kolaborasi pembinaan warga binaan dari stakeholder dengan petugas pembinaan di Lapas Kelas IIB Tahuna,” ungkap Kalapas.

Sambutan selanjutnya dari ketua PKBM Pioner Sangihe, Elvie Roos Zakarias mengatakan bahwa keberhasilan kegiatan belajar mengajar ini ada di tangan teman-teman warga binaan sebagai calon warga belajar.

Elvie juga mengungkapkan bahwa terdapat 3 sistem pendidikan, yakni pendidikan formal, non formal dan pendidikan di dalam keluarga dan pendidikan yang akan diiukuti warga binaan kali ini adalah pendidikan non formal. Elvie juga mengajak warga binaan Lapas Tahuna untuk terus belajar demi mengejar masa depan.

Kemudian dalam sambutannya, Kabid. Paud dan PNF, Ellen Megawe mengatakan bahwa pendidikan non formal diselenggarakan untuk semua masyarakat yang memerlukan layanan pendidikan termasuk teman-teman yang ada di Lapas Kelas IIB Tahuna.

“Pendidikan tidak mengenal batas usia. Teman-teman yang ada di Lapas baik usia sekolah ataupun yang sudah lansia berhak untuk menerima pendidikan termasuk pendidikan kesetaraan paket A, B dan C karena pendidikan non formal ini berfungsi untuk mengembangkan potensi peserta didik dengan penekanan pada penguasaan pengetahuan dan keterampilan fungsional serta pengembangan sikap dan kepribadian yang profesional,” ungkap Ellen.

Beliau juga memberikan apresiasi akan inovasi yang telah dilakukan oleh pimpinan dan jajaran Lapas Kelas IIB Tahuna dimana telah membangung kerja sama dengan PKBM dalam rangka penyelenggaraan pendidikan non formal saat ini.

Kegiatan diakhiri dengan pengguntingan pita peresmian Ruangan Kegiatan Belajar Mengajar WBP Lapas Tahuna dan foto bersama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *