Maret 2, 2024

News Lapas Tahuna

Informasi Lapas Tahuna

Lapas Tahuna Ikuti Workshop SPIP Jajaran Kanwil Kemenkumham Sulut TA. 2023

2 min read

Tahuna, INFO_PAS – Kepala Lapas Kelas IIB Tahuna Kanwil Kemenkumham Sulut, Suharno melalui Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Mochaimin bersama satu orang staf kepegawaian, Alfa Parera mengikuti Workshop Sistem Pengendalian Instansi Pemerintah (SPIP) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Utara Tahun Anggaran 2023, Jumat (24/02/2023).

 Untuk menjawab tantangan birokrasi pemerintahan di Indonesia dalam mengelola keuangan negara serta memastikan pencapaian tujuan yang sebaik-baiknya maka dibuatlah sebuah sistem pengendalian yang ditetapkan melalui Peraturan Pemerintahan Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Instansi Pemerintah yang menjadi pedoman dalam penyelenggaraan dan tolak ukur efektivitas dalam pencapaian tujuan organisasi pemerintahan. Dengan ditetapkannya peraturan pemerintah tentang SPIP maka siapapun pemegang amanah birokrasi pemerintahan, dengan sendirinya sistem yang akan melakukan pengawasan.

Terselenggaranya SPIP di lingkungan pemerintah, sepenuhnya menjadi tanggung jawab semua unsur. Untuk itu, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Utara menggelar Workshop SPIP Tahun 2023. Kegiatan yang diikuti oleh perwakilan jajaran Unit Pelaksana Teknis di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Sulut tersebut, dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pemahaman para peserta workshop sehingga dapat meningkatkan nilai maturitas SPIP di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM.

Bertempat di Ruang Aula, Kepala Kantor Wilayah Ronald Lumbuun yang didampingi Kepala Divisi Administrasi John Batara dan Kepala Bagian Program dan Humas Noldy Sahabati, membuka kegiatan tersebut. Dalam sambutannya ia mengajak seluruh jajaran di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Sulut untuk berkomitmen dan membuat upaya nyata dalam menerapkan SPIP sangat ditentukan saat menjadi budaya pengendalian intern organisasi guna menciptakan good governance dan clean government.

“Penerapan dan penegakan SPIP dalam penyelenggaraan pemerintahan selain penguatan dan pemahaman terhadap aturan yang menjadi dasar penerapan SPIP, kita juga harus mempunyai kesadaran dan penguatan terhadap integritas diri. Sebaik apapun sebuah sistem, manakala kita tidak punya integritas, maka akan sia-sia,” pungkasnya.

Setelah dibuka oleh Kakanwil, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh narasumber dari BPKP Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara yaitu Auditor Madya (Halasan Simamora) sebagai Pengendali Teknis Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Pusat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *