Maret 2, 2024

News Lapas Tahuna

Informasi Lapas Tahuna

Lapas Tahuna Fasilitasi Giat Sosialisasi Dan Simulasi Pemungutan Suara Kerjasama Dengan KPU Sangihe Dan RRI Tahuna

2 min read

Tahuna, INFO_PAS – Dalam Rangka mensukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak tahun 2024, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tahuna memfasilitasi kegiatan Sosialisasi dan Simulasi Pemungutan Suara Pada TPS Khusus bekerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Radio Republik Indonesia (RRI) Tahuna. Selasa (6/02).

Bertempat di ruang aula Lapas Tahuna, hadir sebagai narasumber Kepala Lapas Kelas IIB Tahuna, Suharno, Kepala Divisi (Kadiv) Perencanaan, Data & Informasi KPUD Kabupaten Kepulauan Kepulauan Sangihe, Ihsan Panawar dan Kepala Subbagian (Kasubag) Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Partisipasi dan Hubungan Masyarakat KPUD Kabupaten Kepulauan Kepulauan Sangihe, Stanley Legrants.

Dalam Kesempatan ini, Kepala Lapas Kelas IIB Tahuna, Suharno menuturkan setiap orang memiliki hak pilih, tak terkecuali para warga binaan Lapas Tahuna juga memiliki hak pilih yang sama guna menentukan pemimpin rakyat kedepan. “Kami harapkan, melalui pelaksanaan sosialisasi dan simulasi setiap pegawai Lapas Tahuna maupun warga binaan dapat mengetahui aturan-aturan terkait tata cara Pemilu di TPS lokasi khusus yang ada di Lapas Kelas IIB Tahuna,” tuturnya.

“Lapas Tahuna senantiasa mendukung pesta demokrasi tahun 2024 dan kami pastikan sesuai arahan dari pimpinan, bahwa jajaran Lapas Kelas IIB Tahuna telah bersikap netral dan tidak terlibat dalam politik praktis,” tegas Suharno.

Sementara itu, Kadiv Perencanaan, Data & Informasi KPUD Kabupaten Kepulauan Kepulauan Sangihe, Ihsan Panawar mengungkapkan Terkait Kartu Tanda Penduduk (KTP) warga binaan Lapas Kelas IIB Tahuna dalam keadaan rusak. “Jika KTP calon pemilih dalam keadaan rusak, tetap tunjukan ke petugas KPPS untuk dilakukan validasi Nomor Induk Kependudukan (NIK),” ungkapnya.

“Jadilah pemilih yang cerdas, gunakan hak pilih masing-masing. Karena pemimpin yang akan dipilih menentukan nasib bangsa dan negara 5 tahun kedepan,” ajak Ihsan.

Kegiatan dilanjutkan dengan Simulasi terkait cara pencoblosan yang benar dan salah pada kertas suara pemilu 2024 oleh Kasubag Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Partisipasi dan Hubungan Masyarakat KPUD Kabupaten Kepulauan Kepulauan Sangihe, Stanley Legrants. “Simulasi ini adalah untuk memastikan calon pemilih dapat memahami dengan baik proses dan tahapan pemungutan suara, sehingga pemilu tahun 2024 dapat berjalan dengan baik, transparan dan akuntabel,” ujar Stanley.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *