Maret 2, 2024

News Lapas Tahuna

Informasi Lapas Tahuna

WBP Lapas Tahuna Ikuti Sosialisasi Proses Pembimbingan Bapas

1 min read

Tahuna, INFO_PAS – Warga Binaan Pemasyarakatn (WBP) Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tahuna berkumpul di Aula Lapas Tahuna untuk menerima pengarahan dari Kepala Balai Pemasyarakatan (Kabapas) Kelas I Manado, Benny Totot, mengenai proses pembimbingan di Bapas, Selasa (23/11). Pada kesempatan itu, Kabapas Manado didampingi langsung Pelaksana Tugas Kepala Lapas (Kalapas) Tahuna dan Plh. Kepala Seksi Pembinaan dan Pendidikan (Kasibinadik).

Benny Totot menyosialisasikan hak dan kewajiban Klien Pemasyarakatan selama menjalani program Aasimilasi dan Integrasi.

“Program Asimilasi maupun Integrasi bukanlah bebas mutlak, tetapi ada syarat yang harus ditaati sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku,” tuturnya.

Benny juga menegaskan bahwa dalam melaksanakan Penelitian Pemasyarakatan (Litmas) tidak dipungut biaya dan jika ada petugas Bapas yang melakukan pungli baik itu dalam melakukan survei atau pengurusan akan ditindak tegas.

“Saat ini Bapas sedang berkoordinasi dengan pemerintah daerah, baik Dinas Sosial dan Dinas Ketenagakerjaan untuk kelanjutan proses pembinaan warga binaan dengan tujuan setelah bebas dari Lapas, warga binaan tidak lagi melakukan tindakan yang melanggar hukum,” tambahnya.

Ia juga berharap warga binaan Lapas Tahuna yang kedepannya akan menjadi Klien Pemasyarakatan yang patuh dan taat terhadap aturan-autran yang sudah ditetapkan selama menjalani program Asimilasi dan Integrasi. “Apabila melanggar, maka program Asimilasi di rumah dan Integrasi bisa dicabut serta akan kembali menjalani sisa pidana di dalam Lapas,” tegas Kabapas.

Kalapas Tahuna, Alfred Awoah, mengucapkan terima kasih kepada Kabapas Manado yang sudah berkenan memberikan informasi kepada warga binaan Lapas Tahuna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *