Maret 2, 2024

News Lapas Tahuna

Informasi Lapas Tahuna

Lapas Tahuna Manfaatkan Lahan Kosong Untuk Pembinaan Kemandirian Perkebunan WBP

1 min read

Tahuna, INFO_PAS – Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tahuna memanfaatkan ruang terbuka di samping Rumah Dinas Lapas Kelas IIB Tahuna Kanwil Kemenkumham Sulut untuk dijadikan perkebunan. Dengan tetap menjaga keamanan dan ketertiban, Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) asimilasi yang dipekerjakan di area perkebunan tetap di awasi oleh petugas pada Rabu (06/07/2022).

WBP melakukan pengolahan lahan di samping rumah dinas sebagai lahan produktif untuk menanam beberapa sayuran seperti caisin dan kacang panjang. Kegiatan tersebut disupervisi langsung oleh Kasubsi Kegiatan Kerja (Giatja) Lapas Kelas IIB Tahuna, Alfet L. Possumah. “Kami mengolah lahan ini agar tidak menjadi lahan kosong yang boros. ini juga untuk meningkatkan keterampilan bertani WBP”.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari program Lapas Tahuna untuk meningkatkan program pendampingan bagi WBP, khususnya WBP yang sudah asimilasi. Kegiatan ini juga sebagai bentuk pembinaan pengembangan keterampilan untuk mempersiapkan WBP yang sudah akan habis masa hukumannya agar mereka siap untuk kembali ke masyarakat normal atau reintegrasi yang kita kenal”. kata Kasubsi Giatja.

Lebih lanjut ia menambahkan “Lapas Tahuna saat ini menampung beberapa fasilitas asimilasi dan pendidikan, antara lain bengkel produksi batako, meubel, kebun sayur dan cabai. Selain menjadi media kemandirian WBP memasuki masa asimilasi program tersebut juga dapat menjadi aset untuk meningkatkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNPB) dari hasil produksi tersebut, sehingga dengan adanya lahan Giatja di Lapas Tahuna dapat lebih mengoptimalkan kinerja dengan memanfaatkan fasilitas asimilasi dan pendidikan yang ada”, tutup Alfet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *