April 18, 2024

News Lapas Tahuna

Informasi Lapas Tahuna

Kembangkan Potensi, Pegawai Lapas Tahuna Ikuti Mentoring Yankomas

1 min read

Tahuna, INFO_PAS – Salah satu pegawai Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tahuna Kanwil Kemenkum HAM Sulut (Suyadi Bill G. Ambuliling) yang membidangi tugas Pelayanan Komunikasi Masyarakat (Yankomas) mengikuti Mentoring Yankomas yang di selenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum Hak Asasi Manusia Sulawesi Utara secara daring melalui zoom meeting. Jum’at (09/08/2022).

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk penguatan Pelayanan Komunikasi Masyarakat bagi seluruh pegawai jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Utara, agar seluruh jajaran UPT di wilayah Sulawesi Utara bisa menangani masalah pengaduan masyarakat terhadap indikasi terjadinya suatu pelanggaran HAM. Karena kebanyakana orang ketika mengalami permasalahan dugaan pelanggaran Hak Asasi Manusia, tidak semua orang tahu harus bagaimana atau mau kemana mengadukan permasalahannya tersebut.

Dalam mentoring kali ini pun dijelaskan 4 langkah mekanisme pelayanan komunikasi masyarakat, pertama penyampaian, dimana dalam melaporkan adanya pelanggaran HAM perlu melampirkan identitas diri dan data dukung berupa informasi kronologi, fakta, dan bukti peristiwa. Yang kedua adalah penelaahan, yaitu untuk menentukan adanya dugaan pelanggaran HAM atau tidak serta tindak lanjut selanjutnya.

Yang ketiga rekomendasi, dimana berupa surat klarifikasi dan informasi dari instansi / orang terkait dengan dugaan pelanggaran HAM yang disangkakan. Dan yang keempat rakorsul, yaitu jika surat klarifikasi tidak mendapat tanggapan, dilaksanakan rapat koordinasi di daerah oleh Kanwil dan/atau Pusat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *