April 18, 2024

News Lapas Tahuna

Informasi Lapas Tahuna

Gelar Sosialisasi dan Simulasi Pencegahan dan Penanganan Kebakaran, Lapas Tahuna Gandeng Damkar Sangihe

1 min read

Tahuna, INFO_PAS – Kegiatan pagi hari ini yang bertempat di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tahuna Kanwil Kemenkum HAM Sulut, Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Kepulauan Sangihe Bersama petugas Lapas Tahuna mengadakan acara sosialisasi dan simulasi bagi petugas dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Tahuna. Bertindak Sebagai Pemateri Kepala Seksi Penanganan Pencegahan Kebakaran (Julianus Rongkonusa) beserta jajaran Damkar Sangihe memberikan pengetahuan dan berbagi tips dan trik dasar – dasar dalam menangani dan mencegah kebakaran. Senin (12/09/2022).

Pelatihan penanganan kebakran kali ini dibagi menjadi tiga sesi, yang pertama para petugas dan WBP mendapatkan materi tentang cara mengidentifikasi sumber – sumber kebakaranm tanggap darurat, dan penanganannya, alat pemadam berdasarkan sumber kebakaran serta cara menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) yang tepat dan benar. Selanjutnya demonstrasi simulasi pemadaman api dengan media tong dan karung goni, serta simulasi pemadaman api menggunakan Apar pada kebakaran skala kecil, dan terakhir simulasi penanganan kebakaran dan evakuasi korban.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tahuna (Suharno) melalui Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (Hendro Martoyo) mengatakan tujuan dari pelatihan dan simulasi kebakaran ini adalah agar petugas lapas lebih siap dan menanganinya dengan cepat jika terjadi kebakaran. “Melalui pelatihan ini diharapkan para petugas Lapas lebih siap jika terjadi kebakaran, baik yang disebabkan oleh listrik atau sebab lainnya. Harapan kami tidak pernah terjadi kebakaran di Lapas Tahuna,” ujar Ka. KPLP.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *