April 18, 2024

News Lapas Tahuna

Informasi Lapas Tahuna

Kalapas Pimpin Rapat Optimalisasi Program Pembinaan WBP

1 min read

Tahuna, INFO_PAS – Kepala Lembaga Pemasyaraktan Kelas IIB Tahuna Kanwil Kemenkumham Sulut (Suharno) memimpin rapat optimalisasi program pembinaan Warga Binaan Pemasyaraktan (WBP). Bertempat di ruangan rapat, kegiatan ini diikuti oleh jajaran Seksi Pembinaan Narapidana dan Kegiatan Kerja (Binapigiatja) Lapas Kelas IIB Tahuna. Dalam rapat kali ini Kalapas menekankan kepada seluruh jajaran Binapigiatja agar lebih tertib administrasi dan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam hal pembinaan luar yang diberikan kepada WBP, baik pembinaan di perkebunan, maupun pembinaan luar lainnya. Selasa (11/10/2022).

Kalapas juga menginstruksikan agar setiap pembinaan luar yang dilakukan oleh WBP harus melalui pencatatan yang lengkap, seperti nama, jam, dan siapa petugas yang akan mengawal, serta izin yang ditandatangani oleh pejabat yang piket pada saat itu, agar tertib dan sesuai aturan yang berlaku, bahkan Kalapas menambahkan harus ada fotonya jika perlu. Selain itu WBP yang diizinkan untuk melakukan pembinaan luar Lapas hanyalah WBP yang sudah mendapatkan asimilasi.

“WBP yang bisa melewati pintu portir itu, hanyalah WBP yang sudah menjalani sidang Tim Pengamat Pemasyarakatan (TPP) atau asimilasi. Tidak hanya sampai situ itu, WBP yang sudah menjalani masa asimilasi tersebut harus tetap di evaluasi secara berkala, lihat kinerja mereka, jika merasa ada yang kurang, segera geser ke tempat lain, ganti dengan WBP lain yang lebih baik,” ujara Kalapas. Selanjutnya Kalapas memerintahkan untuk dibuatkan daftar WBP dengan resiko rendah dan siap mengikuti sidang TPP. Dan teakhir Kalapas menutup rapat dengan mengingatkan sekali lagi tentang aturan yang harus ditegakkan sebagaimana mestinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *