April 18, 2024

News Lapas Tahuna

Informasi Lapas Tahuna

Kenakan Pakaian Adat, Kalapas Pimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022

2 min read

Tahuna, INFO_PAS – Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tahuna Kanwil Kemenkumham Sulut (Suharno), bertindak sebagai pembina pada upacara bendera untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022. Pada tahun ini Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) merilis tema “Bersatu Bangun Bangsa”, upacara yang rutin dilaksanakan setiap tahun pada 28 Oktober ini dihadiri oleh seluruh jajaran Lapas Kelas IIB Tahuna dan seluruh Warga Binaan Pemasyaratakatan (WBP) Lapas Tahuna. Kegiatan ini mengingatkan bangsa Indonesia akan sejarah perjuangan berbagai elemen pemuda Indonesia. Jumat (28/10/2022).

Pada upacara bendera kali ini seluruh pegawai staf Lapas Tahuna mengenakan pakaian adat daerah. Adapun kali ini Kalapas Tahuna menggunakan pakaian adat Baniang Khas Sangihe, dengan menggelorakan semboyan khas sangihe, “SOMAHE KAI KEHAGE” yang mengandung arti “semakin besar tantangan yang kita hadapi, semakin gigih kita menghadapi tantangan sambil memohon kekuatan dari Tuhan, pasti akan beroleh hasil yang gemilang”. Dalam amanat pembina upacara, Kalapas membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga (Zainudin Amali).

“Tema peringatan Hari Sumpah Pemuda saat ini adalah Bersatu Bangun Bangsa. Tema ini memberikan pesan mendalam bahwa bersatu padu adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia. Tema ini menjadi pengejawantahan nilai agung Sumpah Pemuda dalam konteks kekinian dan yang akan datang”. Ujar Menpora dalam sambutannya.

Setelah membacakan sambutan Menpora, Kalapas juga memberikan amanat kepada para WBP di Lapas Tahuna. “Kalian, seluruh WBP adalah harapan Lapas Tahuna, untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi, dan siap kembali ke masyarakat dengan mematuhi segala aturan yang berlaku. Sebagian besar WBP Lapas Tahuna ini adalah para pemuda, jadi dengan momentum hari sumpah pemuda 28 Oktober 2022 ini, semoga bisa lebih menumbuhkan rasa cinta tanah air yang telah diwariskan oleh para pejuang kemerdekaan di masa lalu,” tutup Kalapas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *