April 18, 2024

News Lapas Tahuna

Informasi Lapas Tahuna

Lapas Kelas IIB Tahuna Kanwil Kemenkumham Sulut Laksanakan Upacara Peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-58

2 min read

Tahuna, INFO_PAS – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tahuna mengikuti Upacara memperingatai Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-58 Tahuna secara virtual. Kegiatan tahunan 2022 dengan tema “Pemasyarakatan PASTI dan BerAKHLAK mewujudkan Indonesia Maju” tersebut diikuti oleh Para Pejabat Eselon IV dan V, pegawai staf, CPNS dan juga Ibu-Ibu Dharma Wanita Persatuan (DWP) Lapas Tahuna. Rabu (27/04/2022).

Mengutip amanat Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly, Kalapas Tahuna, Suharno mengatakan, pada hari ulang tahun Pemasyarakatan yang ke-58 ini, Menkumham berharap agar jajaran Pemasyarakatan memegang kuat komitmen secara bersama dengan memberikan kontribusi positif kepada bangsa melalui Hukum dan HAM.

“Sesuai tema Pemasyarakatan ‘PASTI’ dan BerAKHLAK merupakan ilham untuk melanjutkan parubahan ke arah yang lebih baik,” tuturnya di R. Aula Lapas Tahuna.

Pemasyarakatan telah mengalami perubahan positif yang sangat signifikan, hingga menaikkan angka kepercayaan masyarakat. Bahkan, dalam perjalanan dari pandemi menuju endemi, Pemasyarakatan yang merupakan agen pembangunan, memiliki program selaras dengan perkembangan jaman.

“Melalui pembinaan yang kita lakukan, narapidana akan menjadi manusia yang berdayaguna karena memiliki skill yang dapat digunakan untuk membuka lapangan pekerjaan. Produk-produk buatan narapidana juga menjadi produk unggulan yang dapat bersaing dengan produk luar,” imbuhnya.

Menutup amanatnya, pihaknya berharap agar setiap jajaran Pemasyarakatan melakukan upaya-upaya pencegahan sebagai bentuk deteksi dini. Salah satunya dengan rutin melakukan sidak ke kamar hunian warga binaan.
“Tahun kemarin harus menjadi cerminan kita. Peristiwa di tangerang harus jadi pengalaman. Harus sering sidak untuk memeriksa outlet-outlet listriknya. Saya ingatkan kembali seluruh jajaran UPT Pemasyarakatan melakukan tindakan pencegahan sebelum terjadi masalah besar. Harus berubah menjadi lebih baik,” ucapnya.

“Apresiasi setinggi-tingginya atas UPT Pemasyarakatan. Atas penyelesaian masalah yang ada, atas pekerjaan-pekerjaan rumah yang terselesaikan. Semoga di Bulan Suci ini, keringat pengabdian saudara dilipat gandakan menjadi amal sholeh di dunia akhirat,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *