April 18, 2024

News Lapas Tahuna

Informasi Lapas Tahuna

WBP Lapas Tahuna Terima Penyuluhan Hukum Tentang Perubahan Penjara Menjadi Pemasyarakatan

1 min read

Tahuna, INFO_PAS – Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tahuna Kanwil Kemenkumham Sulut, mendapatkan penyuluhan tentang Kepatuhan Terhadap Hukum Yang Berlaku di Negera Republik Indonesia. Materi pada kegiatan tersebut di bawakan langsung oleh Kepala Seksi Tindak Pidana Umum Kejaksaan Negeri Kepulauan Sangihe (Ahmad Habibi Maftukhan, S.H), bertempat di Aula Lapas Kelas IIB Tahuna, para WBP menyimak penjelasan dari Kasi Tipidum dengan seksama. Kamis (15/12/2022).

Dalam kesempatan tersebut Kasi Tipudum menerangkan kepada para WBP tentang sejarah penjara di Indonesia yang sekarang telah berevolusi menjadi pemasyarakatan, dimana pemasyarakatan tersebut merupakan bagian dari suatu sistem penegakan hukum yang betugas membina para pelanggar hukum agar menjadi pribadi yang lebih baik hingga siap kembali ke masyarakat. Berbeda dengan sistem penjara warisan belanda jaman dulu yang mengedepankan hukuman kurungan dan kerja paksa terhadap narapidana.

Selain para WBP, kegiatan tersebut juga dihadiri dan disaksikan langsung oleh Kepala Lapas Kelas IIB Tahuna, dan Kepala Kejaksaan Negeri Tahuna yang mensupport dan memfasilitasi sehingga kegiatan tersebut bisa terlaksana. Menurut Kalapas kegiatan ini menjadi bagian dari pembinaan kepada WBP sesuai dengan Undang – Undang No. 22 Tahun 2022 tentang pembinaan pemasyarakatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *